Wednesday, December 26, 2012

Memilih Casing Value

Casing value mungkin lebih identik dengan casing-casing berharga murah dan dengan material 'seadanya'. Itu memang tidak salah mengingat casing untuk level entry atau value memang dibanderol dengan harga yang terjangkau dan hanya menawarkan hal-hal yang bersifat basic.
Dipasaran anda dapat jumpai berbagai casing dengan harga dibawah $40 dengan berbagai tipe dan bentuk. Umumnya casing value lebih menonjolkan sisi eksterior casing dibandingkan dengan sisi interior casing yang sebagian besar menganut layout yang sama.
Akhir-akhir ini banyak produsen casing kelas dunia yang merilis casing value-nya dengan nuansa yang lebih premium. Dengan menggunakan material yang lebih baik dan tampilan eksterior yang lebih menawan dan tak kalah dengan casing-casing level atasnya.


Jika anda mencari casing value, mungkin karena bugdet atau hanya memerlukan fitur-fitur standar saja ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut:

Material casing
Hal ini penting mengingat casing yang anda gunakan merupakan rumah bagi komponen komputer anda sehingga walaupun casing yang anda gunakan termasuk casing value (<$40 misalnya) anda akan merasa lebih nyaman bila material yang digunakannya termasuk baik. Casing value umumnya memiliki masalah yang sama, yaitu material yang tipis dan riskan untuk menanggung beban yang agak berat. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah apabila komponen yang anda pasang didalamnya adalah komponen yang standar (motherboard, 1 harddisk, 1 dvd rom) Hal yang menjadi perhatian adalah material tipis seringkali meninggalkan sisi-sisi tajam yang berpotensi melukai jari anda atau bahkan menggores hardware yang anda pasang


Ruang internal dan pendinginan
Casing value umumnya memiliki ruang yang terbatas, sehingga bila anda ingin menggunakan casing value anda harus memperhatikan hardware apasaja yang akan dipasang.
Selain itu faktor pendinginan juga layak untuk diperhatikan, kipas yang ditempatkan didalam casing harus mampu untuk mengurangi panas yang timbul selama komputer bekerja

Fitur
Casing value ada yang dilengkapi dengan tool-less design dalam pemasangan drive(baik 5,25 ataupun 3,5 inci), ada juga yang dilengkapi dengan cable management walapun secukupnya.
Untuk fitur mungkin dapat dikesampingkan karena fokus casing value adalah basic needs, namun bila casing pilihan anda menyertakannya itu adalah nilai plus


Port I/O
Casing value biasanya menawarkan port I/O yang standar, perhatikan posisi port-port tersebut, sebagian menempatkannya disisi depan, disamping atau diatas. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Jika anda meletakkan casing dibawah maka port I/O yang cocok adalah yang diposisi atas, sedangkan bila anda menempatkannya dimeja anda dapat memilih casing yang menyediakan port didepan atau disamping

Eksterior
Untuk eksterior dapat dikatakan sangat subyektif karena hal ini berkaitan dengan banyak hal, mulai dari warna, panel depan, dan lain sebagainya.
Kadang pilihan eksterior mampu menyingkirkan pertimbangan-pertimbangan yang lain.
Untuk pilihannya, hal ini kembali kepada anda. Pilih mana?...